-->

Kamis, 04 Agustus 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kehidupan Sehari-hari



TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan sarana penyelesaian informasi yang sudah modern. Biasanya informasi tersebut terdapat pada media massa, namun sekarang informasi dapat dilihat di internet.

Dalam zaman sekarang yang sudah semakin maju, TIK memasuki tahap perkembangan yang cukup memiliki peranan penting dalam setiap kehidupan manusia dimanapun manusia itu berada.

Adapun manfaat-manfaat TIK terhadap kehidupan manusia, yaitu:

1. Perkembangan TIK telah masuk ke sekolah-sekolah. Dan hebatnya, anak-anak kecil mulai dari TK di beberapa sekolah sudah diperkenalkan kepada TIK. Hal ini sungguh langkah yang sangat baik untuk mempersiapkan generasi-generasi tangguh yang menguasai TIK untuk menghadapi masa-masa yang akan datang, yang tentunya perkembangan IPTEKnya akan semakin maju.

Information Technology

2. Dari perkembangan TIK ini, kita dapat lebih mudah untuk mengakses dunia luar. Entah itu untuk memperoleh pengetahuan, memperbanyak teman, memudahkan komunikasi dengan negara bagian lain, atau bahkan mencari hiburan.

3. Multimedia yang berada di internet sangat membantu untuk pekerjaan kita, contohnya E-mail. E-mail adalah surat yang lebih kilat dari surat kilat. Dalam hitungan detik, e-mail seseorang yang ditujukan ke orang lain akan sampai. Ini sangat berguna untuk bisnis yang diperlukan dalam waktu yang cepat.

4. Mengembangkan kreativitas melalui cara mengolah data (Ms. Office), cara mendesign suatu gambar (Corel Draw, Adobe Photoshop, dll.), cara membuat blog seperti ini (wordpress, blogger, multiply, dll.)

5. Selain komputer, sarana TIK pun mencakup telepon dan yang sering digunakan saat ini yaitu handphone. Dengan alat tersebut kita tidak harus bertatap muka secara langsung dengan lawan bicara kita di tempat dan waktu yang sama, kita juga dapat melakukan komunikasi dengan warga asing yang berada di luar negeri.technology

6. Menjadi orang yang Up-to-date / updated. Kemajuan teknologi ini sangat berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang. Contohnya ketika suatu situs menjadi terkenal, kita akan menjadi uptodate jika kita mempelajari lebih dalam situs itu. Jika tidak, kita akan menjadi orang yang conservative / ketinggalan zaman.

7. Mendapatkan informasi yang lebih dari yang bukan TIK. Contohnya buku dan komputer sangat berbeda jauh. Walaupun buku dikenal dengan jendela dunia. Tetapi komputer lebih dari jendela dunia. Di dalam komputer, kita dapat memasukkan buku juga kan? Tak hanya komputer, HP canggih pun bisa dimasukkan buku juga dalam bentuk file. Selain itu, informasi yang didapat dalam teknologi sekarang sangat lengkap.

8. Teknologi pun sekarang dimanfaatkan sebagai media perdagangan / commercial. Contohnya pemasangan iklan pada TV dan internet. Lebih meyakinkan (convincing), lebih persuasif, dan lebih berwarna dibandingkan yang ada di media cetak. Bahkan iklan-iklan bisa dijadikan sebagai video yang lebih menarik lagi.

9. Komunikasi menjadi lebih gampang dijalin. Seperti adanya layanan chatting, handphone, wireless, dan lain-lain.

technology10. Teknologi sekarang ini juga memiliki manfaat yang unik. Seperti entertainment yang beraneka macam. Di samping teknologi dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, sumber informasi, dan perdagangan, teknologi juga menyajikan hiburan-hiburan yang dapat dinikmati sebagai penghilang jenuh. Seperti musik mp3, video, games, dan lain-lain. Tak hanya menikmati, kita pun bisa membuatnya sendiri.

Masih banyak manfaat TIK yang belum ditemukan. Karena teknologi tak berhenti hanya sampai di detik ini. Para ahli pun sedang meneliti lebih lanjut perkembangan teknologi selanjutnya dan manfaatnya pun sedang dipertimbangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More