-->

Sabtu, 20 Agustus 2011

Google Maps Tambahkan Fitur Spatial Search API Bagi Para Developer



Peta digital memang jauh lebih fungsional dibandingkan peta biasa. Tentunya lingkungan kota akan cepat berubah bentuk wajahnya dari waktu ke waktu dan adanya peta digital akan membantu pencitraan perubahan yang ada sekaligus membantu pengguna untuk tetap tau kondisi lingkungan saat ini.

Bulan lalu, Twitter kembali mengembangkan API geo dan menghadirkan layanan seperti SimpleGeo dan GeoAPI yang mana menawarkan pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi geo ini supaya bermanfaat sesuai kebutuhannya.

Tak mau kalah dengan perkembangan yang dilakukan Twitter, pihak Google pun akhirnya mengembangkan lagi Google Maps API buatannya sehingga kini ada 2 fitur baru yaitu fitur Spatial Search dan Search Feeds.

Untuk fitur Spatial Search, para developer web dapat melakukan pencarian di area tertentu dengan per bagian. Aplikasi yang mereka buat bisa memanggil Search Feed yang mana dapat melakukan pencarian menggunakan fitur kotak dengan radius dan ukuran tertentu. Hasil pencarian akan dapat diurutkan berdasarkan jarak ataupun yang lainnya. Dengan fitur ini, pihak Google sendiri berencana untuk membantu bisnis lokal agar mudah ditemukan oleh pengguna, misalnya saja para developer web dapat menggunakan fitur ini untuk dapat menampilkan restoran ataupun kafe di suatu wilayah tertentu dengan jarak radius yang telah ditentukannya.

Dengan adanya layer tersebut, Anda bisa menampilkan tempat-tempat khusus dalam blok kotak pada peta serta mampu mengurutkannya. Tentunya dengan adanya API baru ini diharapkan akan memudahkan para developer web sekaligus bisa membantu mempromosikan bisnis lokal sehingga mudah dijangkau oleh para pengguna nantinya. Jadi tentu tak perlu repot nanti, kalau Anda ingin mencari restoran di daerah tertentu di Jakarta, tinggal sorot blok kotak ke arah tertentu dan selanjutnya akan bisa menampilkan restoran mana saja yang ada di tempat sorotan Anda tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More