-->

Kamis, 04 Agustus 2011

Kualitas Layanan Telepon Internet (VOIP)



Layanan telepon internet adalah salah satu teknologi yang terdapat pada jaringan multimedia yang menggunakan sinyal suara melalui jaringan paket Internet Protocol (IP). Teknologi jaringan ini biasa dikenal dengan Voice over Internet Protocol (VOIP).

Secara singkat definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

VOIP merupakan teknologi yang menjadikan media internet untuk melakukan komunikasi dua arah dengan menggunakan suara jarak jauh secara langsung. Prosesnya adalah merubah sinyal suara analog menjadi data digital kemudian mengirimkan data tersebut melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.

Keuntungan teknologi jaringan ini yaitu :

Efisiensi Biaya, mengurangi beban biaya komunikasi suara yang dilakukan melalui sambungan PSTN (Pesawat Telepon) atau dengan menggunakan pihak operator lainnya.
Mengoptimalkan Bandwidth, dalam prosesnya hanya menggunakan bandwidth yang sangat kecil sehingga tidak mempengaruhi koneksi data yang sedang berjalan.
Fleksibel, dalam penggunaan dapat digabungkan dengan sistem PABX sehingga dapat melakukan panggilan melalui jaringan PSTN (Pesawat Telepon).
Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.

Dalam penggunaannya VOIP memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi kinerjanya, seperti : bandwidth, delay (penundaan waktu saat komunikasi), arsitektur jaringan, packet loss (resiko kehilangan paket data), kompresi suara(codec), keamanan dan kemampuan dalam melewati firewall.

Dengan hal-hal tersebut, masalah kualitas layanan telepon internet (VOIP) masih menjadi masalah yang cukup serius sehingga membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Sumber :

http://ybandung.wordpress.com/tag/qos/

http://www.hyper.net.id/?q=node/18

http://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More