-->

Kamis, 04 Agustus 2011

Iran Ingin Keluar dari Sistem Jaringan Internet Global

Pemerintah Iran dikabarkan ingin memutus ketergantungan dengan jaringan internet global. Bahkan kini para pemimpin negara Timur Tengah berniat membangun jaringan internet tersendiri.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengontrol internet sepenuhnya. Iran yang saat ini sudah menerapkan sensor internet sangat ketat, menilai jaringan internet nasional bisa menghemat biaya di samping lebih mudah dalam menegakkan kode moral agama.

Reza Bagheru Asl selaku direktur Telecommunication Ministry's Research Institute di Iran menyatakan bahwa dalam waktu dekat, 60% internet di perumahan dan bisnis akan ditangani jaringan internal. Kemudian dalam dua tahun, rencananya internet seluruh negeri dialihkan ke jaringan internal ini.

Rezim Iran saat ini mulai menganggap invasi online tentang ide, budaya dan pengaruh dari negara barat sebagai ancaman. Dilansir FoxNes pada Selasa (31/5/2011), pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjuluki fenomena ini sebagai 'soft war'.

Beberapa pihak menilai, dibangunnya jaringan internet nasional Iran tak lepas dari aksi demonstrasi melawan pemerintah negara Timur Tengah yang antara lain terjadi berkat pengaruh internet. Otoritas Iran tak ingin kejadian serupa terjadi di negara mereka.

Tidak cuma berencana menggelar internet sendiri, media lokal di Iran juga mengabarkan bahwa mereka ingin mengembangkan sistem operasi komputer sendiri. Tujuannya untuk menggantikan sistem operasi Microsoft Windows.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More