-->

Minggu, 07 Agustus 2011

Sistem operasi GNOME dan KDE.



Sistem operasi yang terkenal dari keluarga Free Software tentu saja adalah GNU/Linux. Dengan sifatnya yang free (bebas), sistem operasi ini semakin berkembang menjadi lebih baik.

Tampilan yang dihadirkannya pun semakin cantik. Hal yang juga menonjol pada GNU/Linux adalah banyaknya pilihan yang diberikan kepada penggunanya. Sebagai contoh, lingkungan kerja (desktop environment). Ada beberapa pilihan untuk hal ini, namun dua pilihan teratas yang kini banyak disuka penggunanya adalah GNOME dan KDE.

Desktop GNOME pada Ubuntu

Desktop GNOME pada Ubuntu

Desktop KDE pada openSUSE

Desktop KDE pada openSUSE

Sistem operasi GNU/Linux juga hadir dengan beragam jenis pendistribusian atau lebih dikenal sebagai “distro”. Sebuah distro umumnya tak hanya berisi sistem operasi GNU/Linux saja, namun juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi tambahan lainnya.

Beberapa distro yang populer saat ini adalah “Debian GNU/Linux”, “Fedora Core”, “Mandriva Linux”, “openSUSE”, dan “Ubuntu”.
Aplikasi produktivitas

Aplikasi produktivitas atau perkantoran (office) adalah ragam aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen, mengolah angka/data, menyajikan presentasi, dan sejenisnya. Dari keluarga Free Software, salah satu yang populer adalah OpenOffice.org (sering disingkat sebagai OOo atau OO.o).

Seperti halnya paket office lainnya, OpenOffice.org menyediakan aplikasi untuk mengolah dokumen teks (OpenOffice.org Writer), mengolah angka (OpenOffice.org Calc), membuat materi presentasi (OpenOffice.org Impress), mengolah data (OpenOffice.org Base), dan membuat gambar (OpenOffice.org Draw).
Aplikasi matematika, sains, dan bahasa

Selain Proyek GNU, ada pihak lain yang memfokuskan diri pada pembuatan perangkat lunak pendidikan. Satu yang terkenal adalah Proyek KDE-Edu (The KDE Edutainment Project) yang berinduk pada KDE. Beberapa karya yang telah dirilis di situs http://edu.kde.org/ di antaranya adalah

KmPlot: Aplikasi untuk menggambar berbagai fungsi matematika sederhana. Mudah digunakan dan mengasyikkan.
Kig (KDE Interactive Geometry): Aplikasi untuk mempelajari berbagai bentuk geometri secara interaktif.
KDE Interaktive Geometry
KStars: Merupakan simulasi planetarium. Aplikasi ini bisa menggambarkan keadaan langit secara akurat. Planet, bintang, dan galaksi bisa dicari menggunakan aplikasi ini. Sangat menarik untuk dieksplorasi.
Kalzium: Aplikasi untuk belajar kimia dan fisika. Kalzium bisa digunakan untuk menampilkan tabel sistem periodik unsur dan mencari informasi tentang suatu elemen.
Kalzium
Kiten: Merupakan aplikasi kamus bahasa Inggris-Jepang dan Jepang-Inggris. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk belajar Kanji.
Kiten
KVocTrain: Merupakan utilitas yang bisa digunakan untuk berlatih mengenal kosakata.

Selain itu masih ada beberapa perangkat lunak pendidikan yang dibuat oleh pihak lain secara independen. Diantaranya adalah Dr Geo. Ini merupakan aplikasi untuk belajar geometri.

Ada lagi GCompris yang diperuntukkan bagi anak-anak guna belajar matematika dan beragam pengetahuan dasar lainnya. Ada pula Logo yang merupakan aplikasi untuk belajar pemrograman bagi anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More