-->

Minggu, 07 Agustus 2011

software dan sisitem operai



Apa itu Software?
Software adalah sebuah istilah untuk menggambarkan sebuah rangkaian program komputer untuk mengerjakan sebuah kumpulan tugas.
Software juga sebuah rentetan instruksi komputer untuk melakukan tugas khusus.
Menurut Wikipedia, istialh software pertama kali digunakan oleh John W. Tukey pada 1958. Software dibagi ke dalam beberapa kategori. Dua kategori utamanya adalah software aplikasi dan sistem software.

Software aplikasi adalah nama umum untuk banyak software atau program komputer. Software komputer yang tidak termasuk dalam sistem software adalah software aplikasi. Software aplikasi mengizinkan pengguna untuk mengerjakan satu atau lebih tugas komputer tertentu. Beberapa contoh software aplikasi adalah pengolah kata seperti Microsoft Word 2007, Open Office Writer, dll.

Sistem software adalah software komputer yang mana mengatur dan mengendalikan hardware (perangkat keras) komputer sehingga software aplikasi dapat melakukan sebuah tugas. Sistem software akan mengendalikan dan mengawasi semua proses operasi di dalam komputer. Sebagai contoh ketika seseorang menyalakan komputer, sistem software akan melakukan semua operasi sampai komputer siap digunakan. Yang paling penting dari sebuah sistem software adalah sisterm operasi.

Sistem Operasi
Sebuah Sistem Operasi (umumnya disingkat OS atau O/S) adalah bagian dari sebuah software sistem komputer yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengkoordinasi kegiatan dan membagi resource (sumber) komputer. Sistem operasi bertindak sebagai sebuah host (tuan rumah) untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan. Sebagai host, salah satu tujuan dari sebuah sisterm operasi adalah untuk mengendalikan operasi secara detail dari hardware. Ini membebaskan program aplikasi dari mengatur secara detail dan mempermudah dalam menulis aplikasi.
Hampir semua komputer, termasuk handheld komputer, desktop komputer, super komputer, dan bahkan video game console, mengguakan sebuah sistem operasi dari beberapa jenis sistem operasi. Berapa model sistem operasi tertua menggunakan sebuah sistem operasi yang tertanam, dimana mungkin diisi pada sebuah cd atau perangkat media penyimpanan lain.

Macam-Macam Sistem Operasi
Ada banyak jenis sistem operasi. Yang paling terkenal adalah Windows dari Microsoft Corporation. Microsoft pertama kali dikenalkan sebagai sistem operasi dengan nama Windows pada November 1985 sebagai add-on untuk MS-DOS dalam menanggapi pertumbuhan minat dalam GUIs (graphical user interfaces) atau grafis antar muka


Sistem operasi lainnya adalah Mac OS.
Mac OS adalah merek dagang untuk sebuah sistem operasi seri grafis antar muka yang dikembangkan oleh Apple Inc. (dulunya Apple Computer, Inc.) untuk mereka Macintosh adalah merek dari sebuah sistem komputer. Macintosh menghargai penggunanya dengan grafis antar muka. Bentuk asli dari Apple kemudian dinamakan "Mac OS" sebagai sistem software yang tak berubah dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984,

Baru-baru ini, ada juga sebuah sistem operasi dimana mempunyai lisensi yang open source (terbuka). Yang paling populer adalah Linux. Linux adalah sistem operasi komputer keluarga Unix-like yang menggunakan Linux kernel. Linux adalah satu diantara contoh dari software gratis dan pengembang open souce yang paling terkemuka. Secara khas, mendasari semua source code (kode sumber/pemrograman) dapat dengan bebas dimodifikasi, digunakan, dan disebarkan oleh siapa pun. Untuk pertama kalinya Linux kernel dibuat oleh Linus Torvalds.
Sekarang ini, Linux memiliki varian yang berlimpah yang disebut distributor. Berikut adalah beberapa distributor Linux dalam peringkat per Oktober 2008 (lihat di http://www.distrowatch.com): Ubuntu, openSUSE, Mint, Fedora, PCLinuxOS, Debian, Mdanriva, dll. Ubuntu telah menjadi distributor Linux yang populer untuk akhir tahun 2008, sejak memiliki fitur unik dimana masyarakat sangat membutuhkannya. Fitur tersebut adalah ‘live CD’ yang mana mengizinkan seseorang untuk mencoba Ubuntu dari CD Ubuntu tanpa menginstal Ubuntu pada harddisk. Anda boleh memesan CD Ubuntu secara gratis di http://shipit.ubuntu.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More